Kamis, Desember 11, 2008

Ayo berubah!!

Bukan bermaksud menggurui, tapi ini mungkin ada di benak kita setiap kali kita dihadapkan pada keberanian melakukan perubahan: "Kalau hanya aku saja yang berubah apalah artinya.."
Nah, ada satu ilustrasi kecil yang mungkin dapat menjawab tanggapan tersebut.

Jika Ada 10 orang yang diminta untuk memindahkan sebuah meja kaca dengan ukuran standart 6 tempat duduk, maka kerja tersebut terasa ringan, bahkan terlampau ringan.

Dan jika kita termasuk salah satu di antara 10 orang tersebut, di benak kita segera muncul “Untuk apa tenaga 10 orang untuk mengangkat meja itu” lalu mungkin dilanjutkan dengan pemikiran “Kalau saya pura-pura mengangkatnya, tenaga Sembilan orang saja pasti lebih dari cukup untuk mengangkat meja kecil itu”. Ketika meja terangkat ke atas, apabila pemikiran semacam itu muncul, mungkin pekerjaan itu akan mulus berjalan, tapi yang tidak kita sadari dan tidak kita antisipasi adalah jika ternyata semua orang berpikiran seperti itu pada saat yang bersamaan, Apa yang terjadi?
Meja kaca itu pasti akan hancur berantakan.

Friend,
Kita sering meremehkan kekuatan 1 orang, 1 suara, 1 detik atau 1 miligram. Tapi, disadari atau tidak, tanpa 1 suara sebuah keputusan besar mungkin tidak akan terwujud, dan tanpa 1 miligram, 1 kg tetaplah bukan 1 kg, ukurannya hanya 0,999999 kg.
Jika titik didih air pada suatu tempat adalah 100 derajat celcius, maka tanpa 1 derejat celcius saja air tidak akan mendidih.

Suatu saat, ketika kita menginginkan perubahan, maka perubahan itu harus kita mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, walau hanya satu (diri kita sendiri). Tanpa perubahan dari diri kita sendiri, perubahan besar yang lain tidak akan terwujud.
Jika kita ingin Negara ini bersih, maka terlebih dahulu kita harus bersih.
Bayangkan, apa yang terjadi jika kita berpikiran sama “Walau hanya aku saja yang melakukannya, tetap akan aku lakukan demi perubahan yang lebih baik”. So sweet kan?

Mari mengawal perubahan jaman dengan paradigma yang berubah..kita adalah agen-agen perubahan untuk menjadikan dunia lebih baik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice post.

yuk mari.

start dari diri sendiri

jufrizal mengatakan...

asalammualaikum...